Jika anda belum membaca Tutorial basic pada JILID 1 Silahkan buka halaman ini terlebih dulu
Syntax Program LCD Nokia5110 Arduino Module with Adafruit PCD8544 Library
Berikut adalah standar syntax untuk melakukan programing Module LCD Nokia 5110 dengan Library Adafruit (Adafruit_PCD8544.h dan Adafruit_GFX.h)1) display.begin();
->memulai koneksi dengan LCD
2) display.setContrast( uint8_t i );
->mengatur kontras pixel (BLACK color)
syntax : display.setContrast(50 ); // 0-100%
default : display.setContrast(40 ); // non-set value
3) display.display();
->write data buffer,disertakan akhir setiap perintah display
syntax : display.display();
Semua perintah write/print/draw/fill ke LCD harus diakhiri dengan perintah
"display.display();" agar data buffer dari perintah write/print/draw/fill dieksekusi ke LCD
4) display.clearDisplay();
->menghapus semua value/data yang ada di Screen dan Buffer
syntax : display.clearDisplay( );
3) display.setRotation(uint8_t i);
->mengatur arah Rotasi/Orientasi Layar LCD
syntax : display.setRotation(1); // 0=0° ,1=90° ,2=180° ,3=270°
default : display.setRotation(0 ); // non-set value
4) display.invertDisplay(true/false);
->membalik nilai/data buffer pixel on Screen(BLACK to WHITE)
syntax : display.invertDisplay(true);
default : display.invertDisplay(false); // non-set value
5) display.setTextSize(uint8_t i);
->setting ukuran huruf/char size
syntax : display.setTextSize(2); // 1-4
default : display.setTextSize(1); // non-set value
6) display.setTextColor(color);
->setting warna text pada layar (standar hitam)
syntax : display.setTextColor(WHITE,BLACK); //invert color
default : display.setTextColor(BLACK); // non-set value
7) display.setCursor(x,y);
->setting posisi cursor untuk memulai perintah
syntax : display.setCursor(5,10); //xPos=5,,yPos=10.
default : display.setCursor(0,0); // non-set value
8) write/print/println
display.write(i);
display.print("Hello, world!");
display.println(3.141592);
9) display.drawLine(x1, y1, x2, y2, BLACK);
->menggambar Garis lurus
syntax1 : display.drawLine (0,10,20,10,BLACK);
syntax2 : display.drawLine (0,10,20,10,1);
10) display.drawCircle(x,y,d, BLACK);
->menggambar Lingkaran (tanpa isi) // d=diameter
syntax1 : display.drawCircle (20,20,30,BLACK);
syntax2 : display.drawCircle (20,20,30,1);
11) display.drawRect(x1, y1, x2,y2, BLACK);
->menggambar persegi / segi 4 (tanpa isi)
syntax1 : display.drawRect (0,0,20,20,BLACK);
syntax2 : display.drawRect (0,0,20,20,1);
12) display.drawTriangle(x1, y1, x2, y2, x3, y3, BLACK);
->menggambar Segitiga (tanpa isi)
syntax1 : display.drawTriangle (0,40,30,2,80,40,BLACK);
syntax2 : display.drawTriangle (0,40,30,2,80,40,1);
13) display.drawRoundRect(x1, y1, x2,y2,r, BLACK);
->menggambar persegi / segi 4 (tanpa isi) dengan sudut radius/melengkung
r=radius (on pixel)
syntax1 : display.drawRoundRect (0,0,20,20,BLACK);
syntax2 : display.drawRoundRect (0,0,20,20,1);
Untuk syntak program fill sama dengan draw
14) display.fillCircle(x,y,d, BLACK);
->menggambar Lingkaran dengan isi /fill bagian dalam lingkaran // d=diameter
15) display.fillRect(x1, y1, x2,y2, BLACK);
->menggambar persegi / segi 4 dengan isi/fill pada bagian dalamnya
16) display.fillTriangle(x1, y1, x2, y2, x3, y3, BLACK);
->menggambar Segitiga dengan isi/fill pada bagian dalamnya
17) display.fillRoundRect(x1, y1, x2,y2,r, BLACK);
->menggambar persegi / segi 4 dengan isi/fill bagian dalamnya dengan sudut radius/melengkung
r=radius (on pixel)
0 komentar:
Posting Komentar