Senin, 19 September 2016

Tutorial & Sample Project Module LCD Nokia 5110 / 3310 for Arduino JILID 2


Jika anda belum membaca Tutorial basic pada JILID 1 Silahkan buka halaman ini terlebih dulu
 

Syntax Program LCD Nokia5110 Arduino Module with Adafruit PCD8544 Library 

Berikut adalah standar syntax untuk melakukan programing Module LCD Nokia 5110 dengan Library Adafruit (Adafruit_PCD8544.h dan Adafruit_GFX.h)

1) display.begin();
->memulai koneksi dengan LCD

2) display.setContrast( uint8_t i );
->mengatur kontras pixel (BLACK color)
syntax : display.setContrast(50 ); // 0-100%
default : display.setContrast(40 ); // non-set value

3) display.display();

->write data buffer,disertakan akhir setiap perintah display
syntax : display.display();
Semua perintah write/print/draw/fill ke LCD harus diakhiri dengan perintah
"display.display();" agar data buffer dari perintah write/print/draw/fill dieksekusi ke LCD

4) display.clearDisplay();
->menghapus semua value/data yang ada di Screen dan Buffer
syntax : display.clearDisplay( );

3) display.setRotation(uint8_t i);

->mengatur arah Rotasi/Orientasi Layar LCD
syntax : display.setRotation(1); // 0=0° ,1=90° ,2=180° ,3=270°
default : display.setRotation(0 ); // non-set value

4) display.invertDisplay(true/false);
->membalik nilai/data buffer pixel on Screen(BLACK to WHITE)
syntax : display.invertDisplay(true);
default : display.invertDisplay(false); // non-set value

5) display.setTextSize(uint8_t i);
->setting ukuran huruf/char size
syntax : display.setTextSize(2); // 1-4
default : display.setTextSize(1); // non-set value

6) display.setTextColor(color);
->setting warna text pada layar (standar hitam)
syntax : display.setTextColor(WHITE,BLACK); //invert color
default : display.setTextColor(BLACK); // non-set value
7) display.setCursor(x,y);
->setting posisi cursor untuk memulai perintah
syntax : display.setCursor(5,10); //xPos=5,,yPos=10.
default : display.setCursor(0,0); // non-set value
8) write/print/println
display.write(i);
display.print("Hello, world!");
display.println(3.141592);

9) display.drawLine(x1, y1, x2, y2, BLACK);
->menggambar Garis lurus
syntax1 : display.drawLine (0,10,20,10,BLACK);
syntax2 : display.drawLine (0,10,20,10,1);

10) display.drawCircle(x,y,d, BLACK);
->menggambar Lingkaran (tanpa isi) // d=diameter
syntax1 : display.drawCircle (20,20,30,BLACK);
syntax2 : display.drawCircle (20,20,30,1);

11) display.drawRect(x1, y1, x2,y2, BLACK);
->menggambar persegi / segi 4 (tanpa isi)
syntax1 : display.drawRect (0,0,20,20,BLACK);
syntax2 : display.drawRect (0,0,20,20,1);


12) display.drawTriangle(x1, y1, x2, y2, x3, y3, BLACK);
->menggambar Segitiga (tanpa isi)
syntax1 : display.drawTriangle (0,40,30,2,80,40,BLACK);
syntax2 : display.drawTriangle (0,40,30,2,80,40,1);
 
13) display.drawRoundRect(x1, y1, x2,y2,r, BLACK);
->menggambar persegi / segi 4 (tanpa isi) dengan sudut radius/melengkung
r=radius (on pixel)
syntax1 : display.drawRoundRect (0,0,20,20,BLACK);
syntax2 : display.drawRoundRect (0,0,20,20,1);

Untuk syntak program fill sama dengan draw

14) display.fillCircle(x,y,d, BLACK);
 ->menggambar Lingkaran dengan isi /fill bagian dalam lingkaran // d=diameter

15) display.fillRect(x1, y1, x2,y2, BLACK);
->menggambar persegi / segi 4 dengan isi/fill pada bagian dalamnya

16) display.fillTriangle(x1, y1, x2, y2, x3, y3, BLACK);
->menggambar Segitiga dengan isi/fill pada bagian dalamnya

17) display.fillRoundRect(x1, y1, x2,y2,r, BLACK);
->menggambar persegi / segi 4 dengan isi/fill bagian dalamnya dengan sudut radius/melengkung
r=radius (on pixel)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Belajar Arduino | Designed With By Blogger Templates | Distributed By Gooyaabi Templates
Scroll To Top